http://bloggerlamongan.com |
Internet adalah media lalu lintas yang sangat padat. Internet
memberi kesempatan bagi Anda untuk memasarkan produk atau jasa Anda secara
praktis dan efektif. Terdapat
beragam cara memasarkan produk secara online.
Memasarkan barang lewat internet pada prinsipnya terbagi menjadi dua macam.
Yang pertama, sosialisasi secara gratis dan yang kedua sosialisasi yang
membutuhkan biaya. Jika ada pertanyaan, cara mana yang paling tepat, jawabannya
bergantung pada kondisi dan skala kebutuhan Anda.
Salah satu tujuan utama para
pengguna internet berselancar di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi
yang mereka butuhkan. Nah, strategi bisnis ini adalah :
- 1. Content Marketing
Content Marketing adalah cara menarik
calon konsumen dengan menyediakan
beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut dapat berupa
artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang
disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya, toko
online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar tampil cantik dan menarik.
- 2. Mobile Marketing
Mobile marketing adalah merupakan strategi pemasaran yang mengarah
pada calon konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile,
seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website
bisnisnya agar ramah (user frinedly) jika diakses dengan gadget mobile. Menurut
data berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk
lewat ponsel mencapai 30-40%.
- 3. Continuous Marketing
jalur utama dalam melaksanakan
Continuous Marketing adalah Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.
Pemasaran berkelanjutan ini menekankan pada promosi dalam jaringan media
sosial. Selain itu, agar sukses para pebisnis juga hendaknya menganalisis
berbagai data, misalnya demografi, feedback konsumen, opini, dan lainnya untuk
menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.
- 4. Integrated Digital Marketing
Integrated digital marketing adalah strategi
pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya
digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas
pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya
harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau konsumen yang bervariatif
- 5. Visual Marketing
Visual marketing bagaimana cara
untuk menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan. Saat
ini, visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat
adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan
lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar merupakan salah satu prasyarat untuk
sukses menjalani strategi pemasaran visual.
- 6. Personalized Marketing
Personalized Marketing disebut juga
dengan istilah one to one marketing merupakan strategi pemasaran dengan
mengedepankan setiap personal (konsumen) adalah unik, sehingga perlakuan untuk
masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis e-commerce, personalized
marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang
menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda untuk masing-masing user,
baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur, gender, dan
sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih tertarget. Namun,
untuk melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus dimiliki oleh
toko online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses menerapkan
strategi Personalized Marketing. (bn/dari berbagai sumber).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar